Saturday, October 7, 2017

Pencipta Tombol Like Enggan Pakai Facebook, Kenapa?

Justin Rosenstein. Foto: istimewaJakarta - Pria yang menciptakan tombol Like di Facebook mengaku telah menghapus aplikasi jejaring sosial terbesar dunia itu dari ponselnya. Kenapa?

Pencipta tombol Like itu adalah pegawai Facebook bernama Justin Rosenstein, tepatnya pada tahun 2007. Tapi Justin sekarang malah khawatir akan dampak psikologis penggunaan jejaring sosial semacam Facebook. 

Maka pria berusia 34 tahun yang tahun 2009 mengundurkan diri dari Facebook itu coba meminimalisir penggunaan aplikasi. Dia membeli iPhone baru dan meminta asistennya memasang fitur sehingga Justin tak bisa sama sekali download aplikasi.


"Sangat umum bagi manusia untuk menciptakan sesuatu dengan niat baik tapi malah punya konsekuensi negatif," kata Justin.

Justin rupanya tak ingin kecanduan internet atau media sosial yang dapat berdampak negatif. Misalnya bikin depresi atau memecah konsentrasi. Belum lagi penyebaran kabar hoax yang marak di dunia maya belakangan ini.

"Semua orang terpecah konsentrasinya. Sepanjang waktu," katanya yang dikutip detikINET dari Guardian, Sabtu (7/10/2017).

Tidak hanya Justin, rekan setimnya yang membuat tombol Like yaitu Leah Parlman menyebut mengurangi pemakaian Facebook. Dia menyewa seseorang untuk mengurus Facebook-nya sehingga tak perlu dia yang mengoperasikannya.(fyk/fyk)


Baca artikel asli di :  https://inet.detik.com/cyberlife/d-3674043/pencipta-tombol-like-enggan-pakai-facebook-kenapa

No comments

Post a Comment

© BACABI ONLINE
Maira Gall